Petugas Puskesmas Panongan Setiap Hari Siaga Penanganan Covid-19

PARA Petugas Kesehatan Puskesmas Panongan hampir di setiap hari disibukan dengan penanganan pencegahan sebaran Virus Covid-19, di antaranya dengan melakukan tracing, swab-test, dan melakukan pemantauan pasien isolasi mandiri di rumah.

Kepala Puskesmas Panongan, drg Farah Segeir, Rabu (16/9/2020), mengakui dalam melakukan penanganan kasus Covid-19 pihaknya menjalin kerja-sama dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang.

“Kita selalu berkoordinasi, bila ada pasien yang positif, sesak napas, maka langsung kami rujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19,” katanya. Semisal belum lama ini terjadi, pihak puskesmas langsung merujuk satu pasien ke Rumah Sakit Siloam, Kelapa Dua, karena diduga positif Covid-19.

Sikap cepat-tanggap ini sebagai salah-satu tindakan yang perlu dilakukan puskesmas untuk antisipasi kemungkinan pasien positif Covid-19 dan sebagai upaya  memutus mata-rantai penularan virusnya kepada keluarga dan warga lainnya.

“Selain itu, kami juga melakukan tracing pasien positif ke rumahnya,” ungkap drg Farah Segeir, sambil berharap kejadian di atas bisa menjadi cerminan buat masyarakat agar dapat memutus mata-rantai Covid-19 dengan sikap cepat-tanggap.

Selanjutnya dia menghimbau agar masyarakat bisa lebih tertib melaksanakan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan mematuhi 3-M (menggunakan masker setiap keluar rumah, menjaga jarak aman untuk tidak saling bersentuhan, dan mencuci tangan memakai sabun di air mengalir).