Para ODGJ dan ODMK Terus Mendapat Perhatian Puskesmas Cisoka

PETUGAS Puskesmas Cisoka tetap beraktifitas seperti biasa di masa Pandemi Covid-19. Namun pemberian layanan kesehatan masyarakat itu dilakukan dengan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 secara ketat.

Penerapan protokol kesehatan ini memang wajib diterapkan petugas dan pasien, baik dalam layanan di dalam gedung maupun di luar gedung, papar dr Endah Dwi Putrianti, Kepala Puskesmas Cisoka, kemarin.

Semisal pemberian pelayanan bagi pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang tercatat jumlahnya 355 orang dan ODMK (Orang Dengan Masalah Kejiwaan) yang berjumlah 321 orang.

“Mereka ini perlu mendapatkan pelayanan kontrol kesehatan jiwanya, baik di dalam ruang maupun di luar gedung,” ungkap dr Endah Dwi Putrianti. Para ODGJ dan ODMK sangat memerlukan pengawasan secara rutin dalam pemberian obat sekaligus penurunan dosis obatnya.

Sementara dalam pelayanan di luar gedung, para petugas puskesmas memberikan pengarahan kepada keluarga pasien untuk mengontrol proses penyembuhan anggota keluarganya yang sakit dan kepada warga di lingkungan rumah pasien diajak untuk bisa membantu proses pemulihan ODGJ dan ODMK.

“Di antaranya jangan mengasingkan pasien. Bantu membuka komunikasi interaktif yang ringan-ringan saja agar pasien tidak merasa sendirian,” ajak dr Endah Dwi Putrianti.