114 Warga Ikuti Safari KB Peringati HKN Digelar Puskesmas Pasir Jaya

SEDIKITNYA 114 warga mengikuti Safari KB dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional yang dilaksanakan di Aula Puskesmas Pasir Jaya. Acara ini diselenggarakan kerja-sama PKK Kecamatan Cikupa, Seksi Kesehatan Keluarga pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, DPP KB Kabupaten Tangerang, dan Provinsi Banten.

Maulida Fitri SKM, Pemegang Program Promosi Kesehatan Puskesmas Pasir Jaya, kemarin, menjelaskan kegiatan ini berupa pemberian layanan pemasangan alat kontrasepsi dan juga penyuluhan kesehatan keluarga.

Adapun layanan pemasangan alat kontrasepsi di antaranya dengan Suntik KB bagi 31 orang, Pemasangan Kondom bagi 6 orang, Pemasangan Implan bagi 40 orang, dan Pemasangan IUD bagi 40 orang.

Warga yang mendapat layanan ini datang dari Desa Pasir Jaya, Desa Pasir Gadung, Desa Sukadamai, dan Kelurahan Bunder, papar Maulida Fitri SKM.

Sementara dr Ai Siti Zakiah, Kepala Puskesmas Pasir Jaya, mengutarakan dengan menggunakan alat kontrasepsi warga akan bisa menanggulangi kelahiran dan dapat merencanakan jumlah keluarga kecil.

“Hal ini juga dilakukan sebagai upaya melakukan pembinaan keluarga terbaik dan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,” katanya. Terkait itu diharapkan masyarakat selanjutnya bisa hidup lebih sehat, terlebih di masa Pandemi Covid-19.