Bina Gizi Balita, Puskesmas Bojong Kamal Kembali Gelar Kunjungan Rumah

MENDAPAT izin pelayanan luar dari Kemenkes RI, kini Petugas Puskesmas Bojong Kamal di wilayah Kecamatan Legok mulai kembali melakukan kegiatan kunjungan rumah membina balita-balita agar tak kekurangan gizi.

Sebelumnya, di masa Pandemi Covid-19, kegiatan kunjungan ke rumah-rumah warga ditiadakan, sebagai bagian untuk memutus mata-rantai sebaran Virus Covid-19. Dampaknya, pembinaan gizi balita pun menjadi berkurang.

Agar tak terjadi kasus balita kurang gizi, kini petugas promkes bersama bidan desa dan didampingi Kepala Puskesmas Bojong Kamal kembali melakukan penelusuran rumah-rumah warga pemilik balita kurang gizi di setiap desa binaannya.

Kepala Puskesmas Bojong Kamal, drg Made Kusumadewi, Rabu (8/7/2020), menjelaskan kegiatan pemeriksaan status balita gizi kurang dilakukan dengan mengukur tinggi-badan, berat-badan, dan asupan gizi makanan.

“Tujuan pembinaannya agar balita-balita binaan itu bisa mencapai berat-badan yang normal,” katanya. “Selain itu kami juga memberikan pembinaan kepada keluarga untuk dapat memberikan asupan makanan gizi seimbang.”

Terkait di masa Pandemi Covid-19 yang berpengaruh kepada perekonomian masyarakat, tambah drg Made Kusumadewi, “kami sangat berharap para keluarga pemilik balita gizi kurang bisa tetap menjaga asupan gizi, walaupun dengan menu makanan sederhana.”