Turunkan AKI-AKB, PONED Bojong Nangka Tetap Beri Layanan Persalinan

MENURUNKAN AKI (angka kematian ibu) dan AKB (angka kematian bayi), Puskesmas Bojong Nangka di wilayah Kecamatan Kelapa Dua, terus menyosialisasikan para ibu hamil untuk melahirkan di layanan persalinan PONED puskesmas.

Hasilnya, patut disyukuri walau di masa Pandemik Covid-19, tingkat persalinan memanfaatkan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) Puskesmas Bojong Nangka selalu ada.

Semisal di bulan Mei, ibu hamil yang melahirkan di PONED puskesmas sebanyak 15 orang dan 2 di antaranya dirujuk ke RS. Sedangkan di bulan Juni ada 6 ibu hamil melahirkan di PONED dan 4 orang dirujuk ke RS rujukan.

Kepala Puskesmas Bojong Nangka, dr Salmawati, kemarin, menjelaskan layanan persalinan di masa Pandemik Covid-19 dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya pasien harus diperiksa kesehatannya terlebih dahulu sesuai Protokol Covid-19.

“Para petugas dalam memberikan pelayanan juga dilengkapi APD,” katanya.

Hal ini agar semua pihak dapat terjaga kesehatannya. Sementara untuk keluaga pasien yang mengantar diminta menggunakan masker dan wajib mengikuti protol kesehatan.

Layanan di PONED yang terus-menerus dilaksanakan ini, bertujuan agar dapat menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir.