Di-RTM, 65 Pedagang-Pengunjung Pasar Ceplak Non-Reaktif Covid-19

PETUGAS Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang kembali menggelar Rapid Tes Massal (RTM) bagi 65 pedagang dan pengunjung Pasar Ceplak di Kecamatan Sukamulya sebagai bagian memastikan tak ada sebaran Virus Covid-19.

H Rachmat Gunawan S.Kep M.Si, Koordinator Tim 1, 3 dan 4 Petugas RTM Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, kemarin, menjelaskan RTM dilakukan kepada 65 orang, terdiri dari para pedagang dan pengunjung yang terinci laki-laki 36 orang dan perempuan 29 orang. “Hasilnya disyukuri semuanya non-reaktif.”

Dituturkan pelaksanaan RTM ini sebagai bentuk kewaspadaan pemerintah terhadap penyebaran Virus Covid-19. Walaupun wilayah ini masih masuk Zona Hijau, tetapi diharapkan masyarakatnya bisa menjaga kesehatan dan mencegah paparan Virus Covid-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan.

Sementara H Ujang Achmad B, Kepala TU Puskesmas Sukamulya, mengakui wilayah ini memang masuk dalam Zona Hijau. Namun tim kesehatan puskesmas tetap menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Kami sangat berterimakasih dengan adanya pelaksanaan penjaringan rapid tes massal ini agar masyarakat lebih meyakini pentingnya menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Keterangan diperoleh, pelaksanaan RTM sendiri dipicu kekhawatiran terjadinya sebaran Virus Covid-19 terkait terlihat terdapat pedagang dan pengunjung Pasar Ceplak kurang mematuhi protokol kesehatan, mungkin disebabkan wilayah ini masih masuk Zona Hijau.

Terkait itu, secara spontan petugas dinas kesehatan melakukan RTM di wilayah ini. Petugas kesehatan menggelar RTM didampingi Petugas Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Sukamulya, Camat Sukamulya, dan kepala desa.