Puskesmas Tigaraksa-Tim Dinkes Gelar RTM di Pasar Cilung Margasari

PUSKESMAS Tigaraksa bersama Tim 4 dan Tim 5 Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Rapid Test Massal (RTM) bagi pedagang dan pengunjung Pasar Cilung Margasari, Sabtu (20/6/2020).

Dalam tes terkait upaya pencegahan sebaran Virus Corona di lokasi pasar itu  terjaring sebanyak 141 pedagang dan pengunjung pasar. Mereka pun mengikuti RTM dan hasilnya 1 orang terkategori Reaktif Covid-19, yang segera mendapat penanganan petugas.

Pelaksanaan RTM sengaja dilakukan di Pasar Cilung karena tempat ini selalu ramai dikunjungi dan menjadi pusat lalu-lalang orang secara silih berganti. Dikhawatirkan tempat ini menjadi lokasi yang memudahkan terjadinya penularan Virus Covid-19.

Hadir dalam RTM ini perwakilan dari kecamatan, perwakilan desa, sejumlah jaro, babinsa dan binamas.

Kepala Puskesmas Tigaraksa, drg Hj Eko Hartati MARS, menjelaskan untuk 1 orang yang Reaktif Covid-19, sesuai permintaan pasien, dia akan melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya, sambil menunggu hasil swab atas kasus reaktif yang ditemukan pada dirinya.

Untuk tindak lanjutnya, “kami juga meminta keluarga yang ada dalam satu rumah pasien itu untuk di-rapid test.” Ini dilakukan untuk mengetahui apakah anggota keluarga pasien serumah ada yang terdampak reaktif atau tidak?

“Bila ada yang terdampak, maka akan kita bawa ke Rumah Singgah Covid-19,” kata drg Hj Eko Hartati MARS.

Disampaikan petugas kesehatan berharap dengan RTM sendiri, masyarakat bisa lebih terpantau kesehatannya dan tidak terpapar Virus  Covid-19. “Kami juga meminta kepada masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan supaya lebih terjaga kesehatannya,” pungkas drg Hj Eko Hartati MARS.