Puskesmas Sindang Jaya Kembali Layani Vaksinasi Balita & Periksa Bumil

SETELAH sebulan lebih aktifitas pelayanan posyandu sempat dihentikan karena Wabah Covid-19 yang berbuntut tertundanya pelayanan vaksinasi bagi balita, kini layanan itu diberikan kembali Puskesmas Sindang Jaya.

Layanan vaksinasi yang diberikan itu, baik vaksinasi berupa suntik maupun tetes. Selain itu, juga mulai dibuka layanan pemeriksaan bagi ibu hamil (bumil) di posyandu yang digelar puskesmas bersama kader kesehatan.

Kepala Puskesmas Sindang Jaya, dr Dewi Anita Etikasari, Jumat (19/6/2020), menuturkan pihak puskesmas berharap layanan vaksinasi dan pemeriksaan ibu hamil bisa terus berlanjut dan tidak terpaksa ditutup lagi terkait upaya memutus mata-rantai sebaran Virus Covid-19.

“Oleh karena itu kami minta kepada masyarakat untuk mematuhi ketentuan protokol kesehatan, mengingat kegiatan posyandu sangatlah penting untuk memantau tumbuh-kembang balita di wilayah-wilayah,” katanya.

Semisal memantau sekaligus menjaga pola makan yang baik bagi balita, status gizinya, berat dan tinggi badannya, termasuk memberikan imunisasi secara lengkap.

“Dikhawatirkan nantinya akan ada temuan balita kurang sehat sehingga diperlukan pengananan lebih serius karena terlambat mendapatkan imunisasi,” ucapnya.

Begitu juga dengan pemeriksaan terhadap kandungan ibu hamil dan pemberian makanan tambahannya. Karena layanan ini dapat mendeteksi kasus resiko tinggi terhadap ibu hamil dan segara dilakukan penangannya.