4 Bulan Pandemi Covid-19, Persalinan di PONED Mauk Malah Bertambah

DI MASA Pandemik Covid-19, PONED Puskesmas Mauk tetap memberikan layanan persalinan normal kepada para ibu melahirkan. Bahkan sesuai data, layanan persalinan yang diberikan meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.  

Sesuai data puskesmas, pada Febuari tercatat 59 ibu melahirkan mendapatkan layanan persalinan, Maret tercatat 69 persalinan, April 83 persalinan, dan pada Mei tercatat 82 persalinan.

Sedangkan ibu hamil yang melahirkan normal secara dadakan tercatat rata-rata di setiap bulannya ada 3 ibu hamil. Sementara untuk persalinan rujukan di setiap bulannya rata-rata mencapai 5-10 orang.

Kepala Puskesmas Mauk, dr Taufit Wirawan, Selasa (23/6/2020),  menjelaskan dalam masa Pandemi Covid-19, Puskesmas Mauk tetap memberi layanan kesehatan terbaik, namun dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, baik untuk pasien maupun petugas dengan menggunakan alat pelindung diri (APD).

“Untuk setiap pasien yang akan melahirkan kami lakukan pemeriksaan dengan penerapan Protokol Covid-19 terlebih dahulu sebagai antisipasi kesehatan ibu dan bayi, serta resiko tertular bagi petugas kesehatan,” katanya.

Setiap langkah pelayanan kesehatan yang dilakukan pun bertujuan untuk mencegah terjadinya kematian bayi yang baru lahir dan ibu yang melahirkan, ungkapnya.

Sementara Yusdiana, Kepala TU Puskesmas Mauk, mengakui para Petugas Puskesmas Mauk selalu siaga dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, baik di dalam gedung maupun di luar gedung.