Kesekian Kalinya Tim Dinkes Gelar Rapid Test Massal Bagi Warga

KESEKIAN Kalinya, Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melakukan penjaringan sebaran Virus Covid-19 dengan melakukan Rapid Test Massal (RTM). Kali ini dilaksanakan di Asrama Den Arhanud Rudal 003 Cikupa bagi 190-an orang.

Hasil kegiatan dilaksanakan Sabtu (13/6/2020) membuahkan temuan 1 orang Reaktif Covid-19. Lalu atas persetujuan keluarga dan pasien, maka pasien itu langsung dibawa untuk perawatannya ke Rumah Singgah Covid-19 Griya Anabatik di Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

H Toha SKM MSi, Kepala Seksi Survalens Imunisasi dan Penanggulangan Krisis pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, kemarin, menjelaskan hasil Reaktif-Covid-19 belum bermakna pasien itu sudah dinyatakan Positif Covid-19.

“Sebab kemungkinan tubuh kita saat dites sedang kurang imun sehingga ada virus lain terpapar. Selanjutnya perlu dilakukan Test Swab yang bisa menentukan positif atau tidaknya pasien terpapar Virus Covid-19,” katanya.

Sementara bagi pasien diisolasi sebagai langkah aman bagi kesehatan diri dan keluarganya sambil menunggu hasil swab. Langkah ini sebagai bentuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya penularan kepada orang lain atau keluarga.

“Jadi tidak perlu khawatir. Kepada warga sekeliling pun jangan langsung mendiskriminasi keluarganya. Hilangkan stigma tersebut, sebaiknya beri dukungan dan motivasi agar si pasien bisa lebih semangat sehingga bisa  cepat sehat kembali,” katanya.

Walaupun demikian, tambah H Toha SKM MSi, warga di lingkungan memang harus tetap mewaspadai sebaran virus itu dengan melaksanakan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19, serta tetap menjaga stamina tetap prima, menjaga kesehatan diri dan keluarga.