Kegiatan Posyandu Mulai Diberikan Kembali Oleh Puskesmas Kronjo

SETELAH selama Pandemi Covid-19 Puskesmas Kronjo tidak melaksanakan kegiatan pelayanan di posyandu, kini mulai Juni 2020 kegiatan pelayanan tersebut kembali diberikan puskesmas.

Namun dengan catatan, pelaksanaan kegiatan di posyandu bisa dilakukan bila para kader posyandunya telah siap menggelar kegiatan dengan protokol kesehatan.

Kepala TU Puskesmas Kronjo, dr Dewi Yuliana Lestari, kemarin, mengakui kegiatan pelayanan kesehatan di posyandu sangat penting mengingat posyandu menjadi salah-satu perpanjangan tangan puskesmas dalam pemantauan kesehatan ibu dan anak secara terpadu, termasuk kesehatan lansia.

Diharapkan dengan adanya pelayanan penimbangan berat-badan bayi-balita, pemberian imunisasi, serta pengecekan kesehatan ibu dan anak di posyandu akan dapat meningkatkan derajat kesehatan mereka.

“Yang pada akhirnya bisa menurunkan angka kematian ibu dan anak, serta masyarakat bisa mengembangkan kegiatan kesehatan yang dapat menunjang derajat hidup sehat yang baik dan sejahtera,” kata dr Dewi Yuliana Lestari.

Lebih lanjut dikatakan, wilayah Kronjo tidak termasuk zona merah Pandemi Covid-19. Namun diingatkan agar masyarakat jangan kurang peduli dengan himbauan penerapan protokol kesehatan.

“Kami tekankan, masyarakat yang tidak menggunakan masker saat meminta layanan kesehatan, tidak akan dilayani…” pungkas dr Dewi Yuliana Lestari.