Dinkes Dibantu Unsur Kelurahan Rapid Test 220 Warga Binong

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang terus berkonsentrasi melakukan pencegahan sebaran Virus Covid-19. Di setiap harinya, para petugas dinas ini melakukan Rapid Test ke beberapa wilayah, baik di pasar maupun lingkungan permukiman masyarakat, terutama di wilayah sasaran Zona Merah.

Belum lama ini, jajaran Dinkes Kabupaten Tangerang melakukan rapid test di kawasan Perumahan Villa Permata Binong yang lokasinya masuk wilayah Kecamatan Curug dengan sasaran 220 orang.

Para petugas kesehatan menggelar tes didampingi Petugas Puskesmas Binong dan mendapat pengawalan dari Lurah Binong, Babinsa, Binamas, pengurus forum RW, dan jajaran Karang Taruna Kelurahan Binong, 

H Toha  SKM MSi, Kepala Seksi Survailen Imunisasi dan Penanggulangan Kasus pada Bidang P2P di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Jumat (15/5/2020), menjelaskan kegiatan ini menjadi salah-satu upaya Pemerintah Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dalam  penjaringan suspect Covid-19 di wilayah-wilayah.

“Kegiatan inipun dibantu semua elemen terkait dan masyarakat yang mau memeriksakan kesehatannya,” katanya.

Diakui dalam penanganan kasus Covid-19, banyak masyarakat yang takut bila dalam dirinya ditemukan Virus Covid-19. “Sebab itu mereka enggan melakukan pemeriksaan dan rapid test.”

Padahal kalau mereka paham, kepesertaan mereka penting bagi kesehatan diri dan keluarganya. Sebab, bila ditemukan paparan Virus Covid-19 dalam dirinya, maka akan segera mendapat penanganan dari tim kesehatan.

Perlu diketahui, ungkap H Toha  SKM MSi, kalau melakukan pemeriksaan Rapid Test sendiri akan memerlukan biaya mahal. Namun kalau masuk dalam kegiatan pemerintah, semuanya gratis, baik yang ditemukan ada kasus maupun yang tidak.

“Lalu, bila ada peserta rapid test berstatus Reaktif Corona, maka langsung ditawarkan mau di-Sweb di sini apa di RS,” cetusnya.

Kalau Sweb di lokasi, papar H Toha  SKM MSi, hasilnya menunggu 1-2 pekan dan pasien reaktif diwajibkan mengisolasi diri di rumah.

Tetapi bila dilakukan di RS, hasilnya 3 hari sudah didapat. Pasien ini akan mengikuti isolasi diri di  Rumah Singgah Covid-19 yang berada di Gedung Griya Anabatik di Kelurahan Bonang, Kecamatan Kelapa Dua, ucap  H Toha  SKM Msi.