Puskesmas Teluknaga Buka Layanan Posyandu Door to Door

SELAMA Pandemi Covid-19 dan diikuti PSBB, berbagai kegiatan masyarakat dibatasi. Terkait itu, Puskesmas Teluknaga berinisiatif menggelar kegiatan posyandu dengan prinsip door to door atau sweeping di wilayah sekitar posyandu.

“Tentunya ini dilakukan dengan memperhatikan prinsip pencegahan penularan infeksi virus,” kata Kepala Puskesmas Teluknaga, drg Husna Meiyanti, Rabu (13/5/2020).

Disebutkan di wilayah kerjanya tercatat ada 58 posyandu yang menjadi binaan Puskesmas Teluknaga. Adapun kegiatan posyandunya, meliputi mendata berat badan, tinggi badan, konseling balita beresiko, pemberian PMT biskuit dan pelayanan imunisasi.

“Dengan mempertimbangkan situasi yang ada, pelayanan imunisasi tetap diupayakan lengkap dan dilaksanakan sesuai jadwal,” urai drg Husna Meiyanti sambil menambahkan imunisasi sebagai kegiatan penting bagi kesehatan anak-anak.

Karena imunisasi akan mampu melindungi anak dari PD3I (Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) semisal TB, Polio, Difteri, Pertusis, Tetanus, dan Campak.

Terkait itu, Puskesmas Teluknaga pun melakukan inovasi melalui kegiatan Baper (Basmi Penyakit Menular PD3I di Perkampungan), yaitu mendatangi rumah-rumah balita sasaran imunisasi.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan sweeping sasaran imunisasi yang tidak sempat datang ke posyandu, untuk drop-out follow-up sasaran imunisasi yang tertinggal, untuk defaulter tracking terhadap sasaran imunisasi yang belum lengkap, dan sebagai intervensi lanjutan hasil dari input PIS-PK poin imunisasi.