Meski Zona Hijau, Petugas Puskesmas Cikuya Bertugas Pakai APD

MESKIPUN kawasan wilayah binaan Puskesmas Cikuya di Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, terkategori wilayah hijau, tetapi para petugas puskesmas dalam memberi layanan kesehatan memakai alat pelindung diri (APD).

Kepala Puskesmas Cikuya, dr Dono Koesoemontmodjo, Selasa (12/5/2020), menuturkan pemakaian APD wajib dipakai para petugas puskesmas di saat pandemi Covid-19 masih melanda dunia dan Indonesia karena menjadi bagian dari upaya pencegahan sebaran Virus Covid-19.

“Jadi walaupun wilayah kami masih masuk dalam zona hijau, namun para petugas kami tetap dalam memberikan pelayanan kesehatan menggunakan APD dan menerapkan jarak aman dengan pasien,” katanya.

Sebab itu pula, para pengunjung dan pasien saat datang ke puskesmas pun diharuskan menggunakan masker, melakukan cuci tangan pakai sabun di kran air yang disediakan, duduk dengan menjaga jarak, tidak banyak ngobrol, dan tidak berkumpul.

“Selain itu, kami juga sudah memasang spanduk agar masyarakat mengurangi berkunjung ke puskesmas karena lingkungan puskesmas terkategori sebagai tempat rentan menularkan penyakit,” ungkap dr Dono Koesoemontmodjo.

Lebih lanjut disampaikan, “pada intinya kami terus berusaha memberikan pelayanan terbaik dan humanis kepada semua pasien yang berobat ke puskesmas.”

Diakui sejak wabah Covid-19, ada penurunan drastis kunjungan pasien ke Puskesmas Cikuya, yaitu 50 persen lebih. Bila sebelumnya per hari bisa datang berobat 150-200 pasien, kini hanya 50-80 orang pasien saja per harinya.

Mereka meminta  layanan di semua poli. Poli yang terramai dikunjungi adalah layanan penyakit umum semisal terbanyak adalah layanan keluhan ISPA dan layanan penyakit dalam semisal Hypertensi. 

Sementara layanan di Poli Gigi dan Poli Anak terlihat berkurang drastis.