Tangani Covid-19, Puskesmas Kedaung Barat Door To Door Gelar PE

TERKAIT penanganan Covid-19, Puskesmas Kedaung Barat melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) dengan melakukan kunjungan ke rumah-rumah warganya sejak Maret 2020.

Kepala Puskesmas Kedaung Barat, dr Netty Mawarty mengatakan PE mulai dilakukan sejak ditemukan laporan suspect Covid-19 di wilayah kerja puskesmas beberapa waktu lalu.

PE yang dilakukan, di antaranya dengan melakukan kunjungan wawancara menggunakan formulir investigasi berisi data-data pasien, riwayat gejala dan tanda-tanda penyakit, serta riwayat kunjungan.

“Setelah itu dilakukan rapid test terhadap pasien dan seluruh keluarga di rumah tersebut,” katanya.

Kalau rapid test menetapkan positif, selanjutnya dilakukan tes swab dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. “Berlanjut jika hasil tes swab juga positif, kita bisa merujuknya ke RSUD Tangerang dan kemudian diisolasi di Rumah Singgah Anabatic,” tambah dr Netty.

Terdata hingga 30 April 2020 di wilayah kerja Puskesmas Kedaung Barat, ada 31 orang dalam pemantauan (ODP), 3 pasien dalam pengawasan (PDP), 3 positif rapid, dan 6 sembuh dari ODP dan PDP.

“Untuk yang 3 positif rapid lalu dilakukan tes swab, hasilnya 1 orang positif dan dirujuk ke Rumah Singgah Anabatic, sementara yang dua orang lainnya melakukan isolasi mandiri di rumah dan terus kami pantau selama 14 hari,” jelasnya.