Lindungi Diri, Petugas Puskesmas Kelapa Dua Kini Memakai APD

MELINDUNGI kesehatan diri saat bertugas untuk memutus mata-rantai penularan Virus Corona Covid 19, Petugas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Kelapa Dua menggunakan Alat pelindung diri (APD).

“Hal ini kami lakukan untuk menjaga dan melindungi para petugas kesehatan yang bertugas…” ungkap dr Tri Retno Wulandari, Kepala Puskesmas Kelapa Dua, Kamis (26/3/2020).

Tentu saja, lanjutannya, dengan petugas kesehatan terlindungi dari paparan virus, maka mereka pun akan mampu menjaga kesehatan diri, keluarganya, serta pasien yang berobat ke puskesmas.

Dijelaskan hal inipun dilakukan sebagai salah-satu wujud untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada para petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan. Begitu juga kepada para pengunjung mengingat virus ini belum dapat diketahui keberadaannya.

“Kebijakan ini juga sebagai langkah aman untuk melakukan pemutusan penularan Covid-19,” papar dr Tri Retno Wulandari.

Selain itu, Puskesmas Kelapa Dua pun menerapkan kebijakan para pengunjung harus menjaga jarak dengan memberi pembatas. Kursi yang biasanya padat diduduki pengunjung, kini diberi tanda silang untuk tidak diduduki.

Lalu, usai waktu kunjungan pasien, lingkungan puskesmas disemprot disinfektan. “Ini adalah langkah aman untuk dapat melakukan pemutusan penularan,” jelas dr Tri Retno Wulandari.

Selain itu, di setiap harinya petugas puskesmas juga terus mlakukan sosialisasi kepada para pengunjung agar tidak bepergian, mengurangi beraktifitas di luar rumah dan berinteraksi berdekatan dengan orang, serta rajin melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan menggunakan air mengalir.

“Gunakan masker bila mengalami batuk, pilek, dan sesak nafas disertai demam. Segeralah datang ke fasilitas kesehatan untuk diperiksa, ditangani, serta diobati,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan, semoga masyarakat bisa disiplin mematuhi himbauan pemerintah agar Virus Corona, Covid-19, ini benar benar terputuskan mata-rantai penularannya.