Petugas Puskesmas Balaraja Sosialisasi Cegah Corona ke Desa-desa

PARA petugas kesehatan Puskesmas Balaraja dibantu para kader dan staf desa menyosialisasikan Tata-cara Pencegahan Sebaran Virus Corona kepada masyarakat di desa-desa.

Kegiatan yang mendapat dukungan para kepala desa, lurah, dan Camat Balaraja ini telah dilaksanakan sejak awal Maret 2020, ungkap drg Lely Aryuni, Kepala Puskesmas Balaraja, Selasa (24/3/2020).

“Kita beri pengetahuan tata-cara pencegahan dengan 6 langkah,” katanya. Yaitu: (1) Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir; (2) Menggunakan masker bila sedang pilek dan batuk; (3) Menghindari kontak dengan hewan; (4) Mengkonsumsi makanan bergizi, memperbanyak makanan buah dan sayur; (5) Melakukan olahraga; (6) Beristirahat yang cukup.

Tambahannya, papar drg Lely Aryuni, masyarakat sebaiknya jangan sering mengkonsumsi daging yang tidak matang dan bila batuk-pilek serta sesak nafas, segera ke fasilitas kesehatan untuk memeriksakan kesehatannya.

Lalu, Kepala Puskesmas Balaraja pun menjelaskan kegiatan sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat bisa mengetahui dan memahami tentang Virus Corona ini secara baik.

“Selanjutnya mereka mau melakukan pencegahannya dan tidak panik dengan adanya info kejadian luar biasa ini,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan saat ini pihaknya juga membatasi kunjungan pasien rawat-inap tidak boleh lebih dari 3 orang agar ruangan tidak padat.

“Bila ada yang sedang batuk agar menggunakan masker dan dilarang keluar-masuk ruangan sebelum terlebih dahulu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang telah di sediakan,” pungkas drg Lely Aryuni.