KELABING: Kelas Pasien TB Berbagi Pengalaman Sembuhkan Diri

PUSKESMAS Teluknaga membuat inovasi program dalam Penanggulangan Penyakit TB yang disebut KELABING (Kelas TB Dalam Gedung).

Dalam kelas ini, para pasien TB dikumpulkan di satu ruangan untuk mereka saling berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan sesama penderita penyakit tentang penyembuhan TB yang dipandu petugas kesehatan.

Kepala Puskesmas Teluknaga, drg Husna Meiyanti, Selasa (24/3/2020), mengatakan KELABING mulai dilaksanakan pertemuannya sejak Januari dan pada Februari telah berlangsung kegiatan kelas ini sebanyak 2 kali.

“Kelas ini dibentuk sebagai sarana diskusi, bertukar-pikiran dan berbagi pengalaman serta pengetahuan terhadap tatalaksana pengobatan Tuberkulosis,” katanya.

Dijelaskannya KELABING merupakan kelas atau paguyuban pasien TB yang jumlahnya maksimal 10 orang yang telah mengalami pengobatan OAT-KDT (Obat Anti Tuberkulosis-Kombinasi Dosis Tetap) selama kurang lebih 2 minggu dalam bulan yang sama.

Para pasien dikumpulkan dalam satu ruangan untuk berdiskusi dan difasilitasi pengetahuan tentang penyakit TB dan tatalaksananya oleh para petugas kesehatan yang berkompeten.

“Dalam pelaksanaannya, puskesmas bekerjasama dengan lintas sektoral dan lintas program yang berkaitan dengan TB,” tambah drg Husna Meiyanti.

Misalnya melibatkan petugas Promkes, Kesling, Gizi Masyarakat, Penyakit Menular, KIA, Lansia, Farmasi, Laboratorium, JKN serta narasumber pasien TB yang sukses dalam pengobatan dan dinyatakan sembuh.

Diharapkan para pasien TB dalam kelas ini bisa lebih mengerti dan memahami mengenai penyakitnya, serta patuh untuk secara teratur minum obat mencegah resistensi obat dan mau melakukan pencegahan penyakit tersebut di lingkungan masing-masing dengan menerapkan PHBS.