Puskesmas Jalan Emas Setiap Hari Sosialisasi Cegah Covid-19

SEJAK awal Maret 2020, para petugas Kesling Puskesmas Jalan Emas secara bergantian melakukan Sosialisasi Cegah Virus Corona, Covid- 19 di setiap harinya.

Sosialisasi ini diberikan kepada para pengunjung dan keluarga pasien di Ruang Tunggu Puskesmas Jalan Emas, semisal Senin (23/3/2020). Lalu selepas pengunjung dan pasien puskesmas pulang, petuas pun lalu menyemprotkan disinfektan ke seluruh ruang dan halaman.

Kepala Puskesmas Jalan Emas, dr Yasmina Erdiani, menjelaskan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi verbal kepada masyarakat.

“Kita pun sebelumnya telah memasang spanduk di puskesmas dan banyak tempat umum untuk mengajak masyarakat mewaspadai penyebaran Virus Corona,” katanya.

Tata-cara yang bisa dilakukan adalah dengan selalu menerapkan PHBS, melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS), menggunakan masker bagi penderita batuk dan pilek, serta menerapkan social distancing.

“Semisal kami pun membatasi pengunjung yang ada di ruang tunggu, tidak boleh lebih dari 10 orang,” katanya.

Setiap pengunjung pun diwajibkan melakukan cuci tangan pakai sabun, saat datang maupun pulang dari puskesmas, cara duduk pengunjung diberi jarak agar tidak berdekatan, melakukan pemilahan antara pasien yang batuk, flu, sakit tenggorokan baik demam atau tanpa demam dengan pasien deman tanpa keluhan tersebut dan pasien rujukan.

“Langkah lainnya, kami mengajak seluruh staf dan pengunjung yang ada di puskesmas untuk melakukan aktifitas fisik setiap pukul 10.00 di bawah sinar matahari di depan halaman puskesmas,” papar dr Yasmina Erdiani.

Sementara saat memberi layanan, petugas diberi alat pelindung diri (APD), di antaranya masker, sarung-tangan, dan pakaian khusus jika diperlukan.

Kemudian, petugas pun tak bosan untuk menyampaikan himbauan kepada masyarakat terus menjaga kondisi tubuh dan kesehatannya dengan baik, dengan menerapkan PHBS, aktifitas fisik beolahraga, makan buah dan sayur, minum air hangat 6-12 gelas sehari, istirahat yang cukup, jangan stress, dan selalu berdoa kepada Allah agar diberi kesehatan dan Indonesia segera terbebas dari Musibah Covid-19.