Dinkes Serukan Masyarakat Tenang dan Waspada Virus Corona

DINAS Kesehatan Kabupaten Tangerang, sesuai seruan Pemkab Tangerang, berharap agar masyarakat tetap tenang tetapi mewaspadai situasi dan kondisi sekarang terkait sebaran Virus Corona.

Untuk mencegah penularan virus tersebut, masyarakat diminta bisa terus menjaga kebersihan diri dengan melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan melaksanakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Air Mengalir atau menggunakan anti-septik yang dapat dibawa-bawa.

“Hindari bepergian ke tempat-tempat keramaian bila tidak terlampau perlu, mengingat suspeck Virus Corona Covid-19 sudah mulai ditemukan di wilayah Kabupaten Tangerang,” ungkap dr H Hendra Tarmizi MARS, Kabid P2P pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kamis (19/3/2020).

Berdasarkan laporan dari 22 puskesmas yang ada di Kabupaten Tangerang suspect Virus Corona sudah ditemukan. Temuan suspeck ini terkategori pada Orang Dalam Pantauan (ODP), orang yang baru pulang dari negara terjangkit, yang sehat atau hanya batuk-pilek, yang lalu diisolasi dalam rumah selama 14 hari.

Ke-22 puskesmas yang melaporkan temuan suspect Virus Corona, Covid-19 adalah Puskesmas Kelapa Dua, Puskesmas Pagedangan, Puskesmas Cisauk, Puskesmas Binong, Puskesmas Kosambi, Puskesmas Cikupa, Puskesmas Curug, Puskesmas Jl. Emas, Puskesmas Kronjo, Puskesmas Jl Kutai, Puskesmas Sindang Jaya.

Lalu, Puskesmas Teluknaga, Puskesmas Pakuhaji, Puskesmas Legok, Puskesmas Sukadiri, Puskesmas Suradita, Puskesmas Sepatan, Puskesmas Bojong Kamal, Puskesmas Mekar Baru, Puskesmas Bojong Nangka, Puskesmas Rajeg dan Puskesmas Tigaraksa.

Sementara untuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yaitu orang yang baru datang dari negara terjangkit, namun ada indikasi sehingga dirawat di rumah sakit, juga ditemukan.

Yaitu tercatat ada 9 orang yang dirawat di RS Persahabatan dan RSPI Sulianti Saroso. Namun sekarang yang masih dirawat tersisa 4 orang, sementara 5 orang lainnya telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Untuk itu, dr H Hendra Tarmizi MARS menghimbau seluruh masyarakat, baik yang di wilayahnya terindikasi ada orang suspect Corona maupun tidak, jangan panik berlebihan. “Karena penularannya melalui kontak-erat minimal 2 meter atau batuk tanpa masker. Sebab itu hindari berpergian ke tempat keramaian.” 

Dianjurkan pula untuk rajin mencuci tangan pakai sabun, makan yang cukup untuk menjaga stamina tubuh, mempertahankan daya-tahan tubuh, istirahat yang cukup, sehingga dapat terhindar dari penularan Virus Corona, pungkasnya.

call center covid-19 kabupaten Tangerang bisa ke no 087871000980 (dr. Hendra Tarmizi)