Maksimalkan Pelaporan ASDK, Jajaran Dinkes Ikuti Evaluasi & Penguatannya

MENGUATKAN penerapan aplikasi data satu pintu, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Evaluasi dan Penguatan Aplikasi Satu Data Kesehatan (ASDK).

Kegiatan evaluasi dilaksanakan Seksi Sumber Daya Manusia Kesehatan Data dan Informasi (SDMKDI) pada Bidang SCK-PM berlangsung di 2 tempat.

Untuk peserta tingkat Dinkes Kabupaten Tangerang dilaksanakan di Aula Lantai 3 Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang di  Tigaraksa pada Senin (10/2/2020). Sebelumnya kegiatan serupa untuk peserta jajaran puskesmas dilaksanakan di Ruang Parakan di Gedung PU Pemerintah Kabupaten Tangerang pada Kamis (13/2/2020).

Adapun narasumbernya yaitu Fresty Cahaya Maulina dan Sholahuddin Anwar dari Center Of Excellent (COE) dari FKM-UI.

Kepala Seksi SDMKDI, dr Muhammad Faridzi Fikri, menjelaskan pembuatan aplikasi ini diberi nama Sikat Gemilang (Sistem Informasi Kesehatan Kabupaten Tangerang) yang dapat memberikan kemudahan dalam pembuatan pelaporan satu pintu.

Selanjutnya dengan aplikasi ini, masing-masing bidang dan seksi bisa membuat laporannya dengan sistem satu pintu di masing-masing ruang kerjanya. Sementara setiap puskesmas bisa menerima laporan yang dibuat tersebut di puskesmasnya masing-masing.

Khusus untuk kepala dinas disediakan ruangan tersendiri yang dapat memberikan kemudahan dalam membaca laporan yang dilakukan jajaran dinkes.