Petugas Puskemas Jl Kutai Lakukan Kunjungan ke Rumah-rumah Warga

PUSKESMAS Jalan Kutai berinovasi dengan memprogram pemeriksaan kesehatan dengan melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga yang diberi nama “Temu Sehat”.

Dalam program ini, di setiap harinya para petugas kesehatan puskesmas melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga untuk menyapa dan memeriksa kesehatan mereka.

Dimulai dari mendata berat-badan, tinggi-badan, lingkar-badan, tekanan darah, sampai memeriksa penyakit tidak menular (PTM).

Nanda Magfirah, Pemegang Program Promosi Kesehatan Puskesmas Jalan Kutai, Jumat (21/2/2020), menjelaskan kegiatan ini sebagai pelaksanaan salah-satu inovasi puskesmas untuk dapat melakukan pemantauan kesehatan secara langsung kepada masyarakat.

Sekaligus survai ulang data Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dari 3.110 KK  yang tersebar di  34 RT dan 10 RW, katanya.

Dalam kegiatan ini, bila ditemukan ada warga yang sakit dan sudah ke dokter, maka diberikan edukasi untuk dapat teratur meminum obat, makan dan istirahat yang cukup, serta rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di faskes.

Bila yang sakit namun belum berobat ke dokter, maka diberi rujukan untuk datang ke puskesmas agar mendapat pemeriksaan kesehatan secara baik, ucapnya.

Sementara drg Trully Kartikasari, Kepala Puskesmas Jalan Kutai, menuturkan kegiatan inipun dimaksudkan untuk menjaring data kesehatan warga di wilayah kerja puskesmas Jalan Kutai.

Sekaligus dalam kegiatan ini, petugas kesehatan akan menyosialisasikan kesehatan mandiri, mengajak warga yang memiliki balita untuk rutin datang ke posyandu, dan mengajak para lansia agar rutin memeriksakan kesehatannya.

“Kami pun mengajak warga untuk mau membentuk grup senam, supaya mereka bisa rutin berolahraga,” ungkap drg Trully Kartikasari.