Hari Kanker Sedunia: Dinkes Gelar Deteksi Dini Kanker Serviks di Curug

MEMERIAHKAN Hari Kanker Sedunia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menggelar kegiatan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Serviks bagi kaum perempuan di wilayah Kecamatan Curug.

Acara dilaksanakan Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa pada Bidang P2P di Dinkes Kabupaten Tangerang ini mengambil tempat di Puskesmas Curug dengan peserta 100 perempuan, Rabu (12/2/2020).

Kegiatan melibatkan PKK Kecamatan Curug dan kader kesehatan wilayah kecamatan itu dihadiri Ketua PKK Kecamatan Curug bersama jajaran pengurus dan para ketua PKK kelurahan/desa, serta kader kesehatan.

Kepala Puskesmas Curug, dr Radianti Bulan M Tobing, mengutarakan Penyakit Kanker sampai saat ini menjadi salah-satu penyakit mematikan yang tertinggi di dunia. “Sebab itu, sangat penting kaum perempuan rajin memeriksakan dirinya yang terbebas dari penyakit itu.”

Dikatakan banyak penderita Kanker terjangkit karena tak melakukan diteksi dini Kanker Serviks pada dirinya. Padahal untuk mencegah Kanker Serviks kaum perempuan harus rutin melakukan memeriksakan dirinya. Di antaranya dengan menjaga kesehatan area intim kewanitaannya dan mendapatkan vaksin HPV.

Kanker Serviks sendiri disebabkan oleh Humam Papilloma Virus (HPV). Infeksi virus ini cenderung meningkat kepada orang yang melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan, ungkap dr Radianti Bulan M Tobing.

Lebih lanjut diungkapkan, kanker serviks pun tidak menunjukan gejalanya pada tahap awal. “Gejala baru muncul saat kanker serviks sudah menyebar dan memasuki stadium lanjut.” 

Sementara H Mochamad Bachtiar, Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, memaparkan kegiatan di Puskesmas Curug menjadi salah-satu rangkaian acara dari kegiatan memeriahkan Hari Kanker Sedunia.

“Intinya adalah untuk terus dapat mengingatkan kepada para kaum perempuan yang sudah berhubungan seksual, untuk bisa menjaga kesehatan tubuhnya, terutama di area kewanitaan dan payudara,” katanya.

Diakui sampai saat ini kematian kaum perempuan akibat Kanker Payudara dan Kanker Serviks masih tertinggi di setiap tahunnya di dunia.