Puskesmas Cikupa Tutor Guru UKS Program Kesehatan Anak Didik

MENINGKATKAN pelayanan kesehatan di sekolah-sekolah, Petugas Kesehatan Puskesmas Cikupa melakukan Pembinaan Bagi Guru UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) yang ada di wilayah binaannya.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Puskesmas Cikupa selama dua hari, 11-12 Pebruari 2020, bertujuan memberi bekalan pengetahuan kesehatan kepada para guru UKS yang akan memprogram upaya-upaya peningkatan derajat kesehatan peserta didik mereka sedini mungkin di lingkungan sekolah. 

Kepala Puskesmas Cikupa, dr Shelmi Johan, Senin (17/2/2020), menjelaskan kegiatan selama 2 hari dibagi dalam 2 tahapan. Pada hari pertama, para guru UKS mendapatkan materi mengenai peranan guru UKS dan kemampuan memeriksa kesehatan anak didik.

Adapun bekal pengetahuan memeriksa kesehatan anak didik, di antaranya untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut anak didik, mendata keseimbangan gizi dan masalah Anemia pada anak didik, pengetahuan tentang Tuborculosis, mencegah DBD, serta memprogram Gerakan Sekolah Bebas Jentik dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk dan Pemantauan Jentik di Lingkungan Sekolah.

Pada  hari kedua, papar Kepala Puskesmas Cikupa, para guru UKS mendapat pengetahuan tentang penerapan PHBS, solusi mencegah Virus Corona dan penularannya, solusi tentang Leptospirosis, penerapan P3K pada sekolah, sosialisasi Program Penanggungan Kecacingan dengan Pemberian Obat Cacing, serta paparan tentang kesehatan Remaja dan Kesehatan Reproduksi.

“Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para guru UKS bisa meningkatkan kegiatan peningkatan derajat kesehatan anak didiknya di sekolahnya masing-masing,” ungkap dr Shelmi Johan.

Sehingga nantinya, petugas kesehatan puskesmas bisa lebih mudah dalam melaksanakan pemeriksaan kesehatan anak-anak didik mereka di sekolah-sekolah.