Rakor Keamanan Pangan-Obat: Para Pelanggar Siap Diberi Peringatan

MENINGKATKAN keamanan pangan dan obat-obatan di wilayah Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Rapat Koordinasi Keamanan Pangan di Ruang Solear, Lantai IV, Gedung Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Tangerang.
Rapat berlangsung Rabu (12/2/2020) dilaksanakan Seksi Farmasi dan Pengawasan Pangan pada Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinkes Kabupaten Tangerang bersama Tim Koordinasi Pengawasan Obat dan Makanan Kabupaten Tangerang.
Dalam rapat koordinasi ini hadir Kepala Loka POM Kabupaten Tangeran, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kepala Satpol PP, serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu.
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr H Achmad Muchlis MARS, menjelaskan berdasar kajian dalam rapat koordinasi ini didapat data masih banyak ditemukan pelanggaran keamanan pangan di lapangan dari sisi kefarmasian dan kesehatan pangan, termasuk permasalahan limbah perusahaan, izin edar, sampai masalah PIRT.
“Untuk tindak-lanjutnya, Tim Koordinasi Pengawasan Obat dan Makanan Kabupaten Tangerang akan melakukan kembali penyuluhan keamanan pangan secara bersama-sama yang direncanakan akan dilaksanakan pada pekan kedua di Bulan Maret,” katanya.
Langkah konkret lainnya, tim akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke banyak lokasi yang ditekadkan akan dengan memberi teguran keras atau peringatan kepada para pelanggar.
“Bila masih melanggar juga setelah ditegur atau diperingatkan, maka para pelanggar akan diserahkan ke jajaran Satpol PP Kabupaten Tangerang untuk diambil tindakan hukumnya,” cetus dr H Achmad Muchlis MARS.