Musrenbang Kelurahan Sangat Tepat Bila Dimanfaatkan Menyosialisasikan Kesehatan

MOMENTUM berkumpulnya tokoh warga di satu tempat sangatlah tepat bila dimanfaatkan petugas kesehatan satu puskesmas untuk menyosialisasikan kesehatan manusia dan lingkungan.

Inilah yang dilakukan Petugas Kesehatan Puskesmas Jalan Kutai yang memanfaatkan momentum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Bencongan Indah, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, untuk sekalian menyosialisasikan Kesehatan Lingkungan Bagi Masyarakat.

Para Petugas Kesehatan Lingkungan (Kesling) Puskesmas Jalan Kutai dengan bersemangat menyosialisasikan kesehatan lingkungan ke hadapan para pengurus RT/RW, Pengurus Karang Taruna, Pengurus DKM, dan tokoh masyarakat yang hadir di Aula Kantor Kelurahan Bencongan Indah, Senin  (3/2/2020).

“Biasanya kegiatan pembinaan, penyuluhan atau sosialisasi secara terjadwal, jarang dihadiri lurah,  pengurus RT/RW, karang taruna dan tokoh masyarakat, tetapi hari ini saat musrenbang benar-benar menjadi hari terbaik untuk menyosialisasikan kesehatan…” tutur Nanda Magfirah, Pemegang Program Kesling Puskesmas Jalan Kutai.

Untuk itu, pihak puskesmas mengucapkan terima-kasih kepada Lurah Bencongan Indah yang telah memberikan waktu bagi penyuluhan tentang kesehatan lingkungan, penerapan PHBS, dan PSN.

“Masalah ini kita sampaikan agar para tokoh warga bisa mengajak warganya untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan kekumuhan akibat binatang dan kotoran,” katanya.

Hal ini penting diperhatikan karena kesehatan diri dan lingkungan adalah milik bersama, bukan hanya milik puskesmas atau dinas kesehatan. “Oleh karena itu, mari kita jaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat,” pungkas Nanda Magfirah.