Warga Bogenvile Bencongan-Puskesmas Jalan Kutai Gelar Kerjabakti

MENJAGA kebersihan dan kesehatan lingkungan, Petugas Kesling Puskesmas Jalan Kutai, gencar menggelar penyuluhaan tentang itu dan mengajak warga mendukung kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Bagian dari kegiatan di atas, di antaranya dengan mengajak masyarakat membudayakan memakan buah-buahan, rajin berolahraga, memeriksakan kesehatan secara teratur, dan melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan serta pemberantasan sarang nyamuk(PSN).

Inilah yang dilakukan warga Bogenvil di RW 01 Kelurahan Bencongan Indah, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, yang di setiap bulannya pada pekan terakhir melaksanakan kerja bakti massal, sesuai ajakan pihak puskesmas.

Nanda Magfirah, Petugas Kesling Puskesmas Jalan Kutai, Senin (3/2/2020), menjelaskan kegiatan ini menjadi salah-satu cara melakukan pencegahan wabah penyakit di wilayah, baik DBD, Leptopirosis, gatal- gatal dan penyakit lainnya.

“Selain itu, kebersamaan dalam bersih-bersih ini juga untuk dapat menumbuhkan budaya bersih pada diri masyarakat,” katanya.

Terlebih saat ini sedang musim hujan dan banyak air tergenang. Sehingga memerlukan kegiatan kerjabakti untuk memberantas sarang nyamuk dan menebarkan bubuk abate di penampungan air yang ada di setiap rumah warga.

“Untuk pemberkasan kegiatannya, kita buatkan videonya yang bisa ditayangkan kapan saja sebagai bahan penyuluhan,” kataya.

Sementara drg Trully Kartikawatie, Kepala Puskesmas Jalan Kutai, berharap dengan adanya tayangan video kegiatan warga bersama puskesmas, nantinya bisa memotivasi warga lainnya untuk dapat melakukan kebersihan lingkungan serupa.