Pemberian Obat Cacing Massal Bagi Anak-anak Dilaksanakan Pebruari-Maret

DIRENCANAKAN di Bulan Pebruari sampai Maret, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang akan menggelar pemberian obat cacing massal bagi anak usia 1-12 tahun secara serempak di setiap wilayah.

Kegiatan dilaksanakan Seksi P2PM pada Bidang P2P di Dinkes Kabupaten Tangerang ini dimulai pada Selasa 28 Pebruri 2020 secara bertahap dalam 2 bulan.

Sri Indriastuti Widyaningsih SKM M.Kes, Kepala Seksi P2PM pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Senin (3/2/2020), menjelaskan pemberian obat ini bertujuan untuk menekan angka kecacingan di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Penjaringannya untuk balita dilaksanakan di posyandu-posyandu, PAUD, dan TK. Sementara untuk anak usia sekolah dilaksanakan di SD-SD,” katanya.

Pemberian obat cacing ini bukan satu-satunya cara melakukan pencegahan, jelas Sri Indriastuti Widyaningsih SKM M.Kes. “Yang terpenting adalah membiasakan diri melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).”

Cara ini sudah direkomendasi Kemenkes RI untuk dapat disuarakan kepada masyarakat dan sekolah. Bahkan di sekolah dianjurkan masuk dalam kurikulum pendidikan karena sangatlah penting dalam mencegah angka kecacingan, ucapnya.