Dinkes Kabupaten Tangerang Gelar Skrining Penyakit TBC & HIV di Rutan Jambe

DINAS Kesehatan Kabupaten Tangerang bekerjasama jajaran Rutan Jambe melakukan skrining TBC dan HIV bagi warga binaan pemasyarakatan dan Pegawai Rutan Kelas I Tangerang itu.

Sebanyak 1.750 orang mengikuti kegiatan ini yang dilaksanakan di dalam rumah tahanan  itu dalam 2 hari, 29-30 Janurai 2020. Turut membantu para Petugas Puskesmas Jambe, Puskesmas Cikuya, dan Puskesmas Cisoka.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memutus penularan penyakit TB dan HIV…” ungkap Sri Indriastuti Widyaningsih SKM M.Kes, Kepala Seksi P2P pada Dinkes Kabupaten Tangerang, Senin (3/1/2020).

Ditambahkan kegiatan sendiri dilaksanakan atas dasar kerjasama Kementerian Kesehatan RI dengan Rutan Kelas 1 Tangerang di Jambe. Sementara Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang hanya sebagai pelaksana tugas, disebabkan rutan itu berada di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Dari hasil skrining yang dilaksanakan, terdata ada 2 orang positif HIV dan langsung mendapat penanganan dari Petugas Puskesmas Jambe, yang selanjutnya akan mendapat pengawasan pengobatan dari Petugas Kesehatan Puskesmas Jambe.

“Dengan ditemukan kasus ini, diharapkan bisa segera dapat memutus penularannnya kepada warga rutan lainnya, ucapnya.