Pengunjung Puskesmas Sukatani Disuluh Cegah Virus Corona

TANGGAP Cegah Virus Corona, Petugas Promosi Kesehatan pada Puskesmas Sukatani, mengambil kesempatan di saat banyak pengunjung menunggu di puskesmasnya dengan memberi sosialisasi dan penyuluhan cegah virus yang meresahkan dunia itu.

Kegiatan ini telah dilakukan beberapa kali diawali saat pengunjung tengah banyak di puskesmas pada Senin akhir Januari 2020. Selain memberi paparan cegah Virus Corona, petugas pun membagikan selebaran berisi informasi Cegah Virus Corona.

Nurul Mey SKM, Pemegang Promkes pada Puskesmas Sukatani, menjelaskan kegiatan ini sengaja dilakukan saat banyak pengunjung menunggu antrean layanan. “Selain agar mereka tidak jenuh, sosialisasi inipun membuka ruang informasi dan tanya jawab seputar Virus Corona.”

Dikatakan penyakit ini baru berkembang di beberapa negara pada Desember 2019 dan sampai saat ini belum ada vaksin pencegahannya.

Langkah yang dapat mencegah penularan virus ini, papar Nurul Mey SKM, dengan cara anggota masyarakat yang mengalami demam, batuk- pilek, dan sesak nafas, diharapkan segera melakukan pemeriksaan kesehatannya ke puskesmas atau rumah sakit, agar mendapat penangan pengobatan segera.

“Khusus anggota masyarakat yang baru pulang dari negara terjangkit, dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatannya yang intensif,” ucapnya.

Sementara dr H Abdul Yayi, Kepala Puskesmas Sukatani, menjelaskan kegiatan ini adalah salah-satu cara yang dilakukan petugas Puskesmas Sukatani dalam memberi penjelasan tentang penyakit pneumonia yang datang dari Republik Tiongkok.

“Untuk itu diharapkan seluruh anggota masyarakat dapat menjaga kesehatan dengan melakukan pemeriksaan kesehatannya ke puskesmas, klinik, atau rumah sakit, bila mengalami gejala-gejala serupa di atas,” ucapnya.