Tak Hanya Aula, Ruang Tunggu Pun Bisa Jadi Lokasi Penyuluhan

BANYAK tempat bisa dimanfaatkan untuk lokasi penyuluhan, bila memang mau berusaha dengan niat tulus. Niat tulus yang disebut inovasi itu dilakukan Petugas Promkes Puskesmas Bojong Kamal dengan memberi penyuluhan di ruang tunggu puskesmas.

Sontak penyuluhan tentang Kesehatan Lingkungan, Pencegahan Penyakit DBD dan Penyakit Menular yang dilaksanakan petugas ini mendapat apresiasi dari masyarakat yang memang tengah berada di ruang tunggu Puskesmas Bojong Kamal yang berlokasi di wilayah Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.  

Kepala Puskesmas Bojong Kamal, drg Made Kusumadewi, mengutarakan momentum masyarakat saat menunggu antrean layanan kesehatan biasanya hanya duduk termenung, sangat cocok dimanfaatkan untuk mendengarkan paparan tentang kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan, sehingga mereka tak hanya duduk termenung.

“Terkait itu petugas membuka ruang interaksinya, semisal dengan menyampaikan penyuluhan tentang penyakit DBD dan tata-cara pemberantasannya. Setelah itu dibuka pula ruang untuk tanya-jawab,” katanya.

Kepala Puskesmas Bojong Kamal berharap dengan diadakan penyuluhan kesehatan serupa ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menambah wawasan mereka tentang kesehatan manusia dan lingkungan.

“Paling tidak, misalnya, mereka akan mulai memahami pentingnya menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta dapat melakukan 3-M dalam pemberatasan sarang nyamuk (PSN),” papar drg Made Kusumadewi.

Sementara Wahyuni SKM, Petugas Promkes Puskesmas Bojong Kamal, menambahkan untuk kegiatan interaktif di ruang tunggu puskesmas dilaksanakan di setiap hari dengan tema berbeda-beda.

Ternyata pula, pelaksanaan penyuluhan bisa menambah wawasan petugas tentang tata-cara memberi penyuluhan yang baik dan memahami karakter masyarakat, urainya.

Meskipun begitu, dijelaskan Wahyuni SKM, pelaksanaan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat di desa desa secara rutin tetap berjalan.