Musim Hujan, Puskesmas Jl Emas Gencarkan Sosialisasi Kesehatan

TIM Kesehatan Puskesmas Jalan Emas di wilayah Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, di musim hujan ini siap terus melakukan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat.

Kegiatan ini terinci dalam aktifitas memeriksa kesehatan masyarakat dan melakukan pencegahan penyakit. Khusus di musim hujan, kegiatan ditambah dengan pemberian cairan desinfektan, abate dan kaporit.

“Para kader pun kita ajak melakukan pemeriksaan jentik nyamuk  ke rumah rumah warga,” kata dr Yasmina Erdiani, Kepala Puskesmas Jalan Emas, Senin (13/1/2020).

Dituturkan dalam musim hujan akan mudah berjangkit Penyakit Leptospirosis, DBD, gatal-gatal, penyakit kulit dan ISPA. Sebab di musim hujan akan mudah terjadi tumpukan sampah yang terbawa air hujan dan genangan air yang bisa mendatangkan penyakit.

“Kegiatan ini kita laksanakan sebagai langkah pencegahan sebelum datangnya wabah penyakit yang diakibatkan faktor kotornya lingkungan,” ungkap dr Yasmina Erdiani.

Untuk itu diharapkan masyarakat bisa melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjaga lingkungan tetap bersih, dan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara berkala seminggu atau dua Minggu sekali.

“Semoga saja dengan sosialisasi ini, masyarakat bisa mengetahui gejala-gejala penyakit disebabkan kekotoran lingkungan. Untuk itu pula dipesankan bila terasa ada kelainan dalam kesehatan diri, segeralah berobat ke klinik, atau ke dokter, atau ke puskesmas,” pungkasnya.