Puskesmas Bojong Nangka Tayangkan Vidio Kesehatan di Ruang Tunggu

MENINGKATKAN pengetahuan kesehatan bagi masyarakat, Puskesmas Bojong Nangka berinovasi dengan menayangkan vidio ragam kegiatan kesehatan yang tv-nya ditempatkan di ruang tunggu.

Pemegang Program Media Informasi pada Puskesmas Bojong Nangka, dr Tiwi,  Kamis (9/1/2020), menjelaskan tayangan vidio di ruang tunggu dimaksudkan agar pengunjung maupun masyarakat yang berada di puskesmas bisa melihatnya.

Materi vidionya, di antaranya berupa tayangan informasi kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan, serta ragam kegiatan puskesmas pada saat sosialisasi dan pembinaan di sejumlah posyandu.

“Selain itu, puskesmas juga memasang majalah dinding (mading) berisi informasi tentang kesehatan yang di-update 3 bulan sekali,” katanya.

Materinya a.l: Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), tata-cara melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN), pencegahan stunting (kekerdilan), juga berisi penjelasan arah serta tujuan keberadaan posyandu dan posbindu di wilayah-wilayah.

Diakui dr Tiwi, sebelumnya mading sudah ada namun kurang menarik penyajiannya. “Sekarang diperbarui penampilannya,  baik isi informasinya dan tata-letaknya sehingga merangsang pasien dan pengunjung puskesmas membacanya.”

Adapun tujuan dari kegiatan pemberian informasi ini, ungkapnya, adalah untuk memberikan pengetahuan tentang kesehatan  manusia dan tentang kesehatan lingkungan kepada masyarakat.

Diharapkan pula dengan ragam informasi ini, pada gilirannya masyarakat bisa termotivasi untuk menjaga kesehatan dan melaksanakan PHBS dengan baik dan benar, serta meningkatkan kesadaran dalam mendeteksi penyakit secara dini.

Sementara Kepala Puskesmas Bojong Nangka, dr Hj Salmawati, menyatakan dirinya sangat mendukung program pemberian informasi kesehatan kepada masyarakat melalui kedua media itu.

“Dengan tayangan kegiatan para kader di setiap posyandu pun nantinya bisa memotivasi masyarakat untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan dengan baik.”