Reaksi Cepat-tanggap Digelar Petugas Kesehatan di Lokasi Banjir

REAKSI cepat-tanggap dilakukan Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dalam menangani dan turut-serta menanggulangi banjir yang terjadi di hampir semua kecamatan wilayah kabupaten Tangerang pada tanggal 1 Januari 2020.

Kepala Bidang P2P pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr H Hendra Tarmizi, Kamis (2/1/2020), menjelaskan bencana alam ini memang tidak bisa diduga, kapan dan di mana terjadinya.

“Untuk itu tim kesehatan yang ada di 44 puskesmas itu selalu siaga dalam membantu pelayanan kesehatan dalam kondisi serupa ini,” katanya.

Dituturkan sebanyak 33 puskesmas telah membuka posko kesehatan banjir yang wilayah kerjanya masing-masing yang terdampak banjir.

Meskipun begitu, untuk 10 puskesmas lainnya yang wilayah binaannya belum terdampak banjir, tetap siaga untuk membantu.

Selain itu, ungkap dr H Hendra Tarmizi, rumah-rumah sakit yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang juga diinstruksikan untuk siap-siaga menerima pelayanan rujukan dari pasien posko-posko banjir.

Lebih lanjut disampaikan, menurut informasi dari posko banjir di wilayah, sampai saat ini tidak ada korban banjir yang serius. “Semua masih bisa dilayani di posko.”