8 Santri Suspect Hepatitis A Segera Ditangani Petugas Kesehatan

REAKSI Cepat-Tanggap dilakukan Petugas Kesehatan Puskesmas Cisauk dan Seksi Survailans Imunisasi dan Penanggulangan Krisis (SIPK) di Dinkes Kabupaten Tangerang dalam menerima informasi adanya kasus 8 Santri Pondok Pasantren Darul Al-Hikmah terkena Hepatitis A.

Kinerja kepedulian kesehatan masyarakat ini dilaksanakan Jumat (13/12/2019) dengan petugas kesehatan yang membentuk tim langsung datang ke lokasi dan melakukan pemeriksaan tinja petugas dapur umum dan petugas kantin.

Lalu diperiksa pula peralatan dapur dan peralatan kantin yang dipakai sehari-hari. Setelah itu dilakukan penyuluhan kesehatan cegah Hepatitis A kepada petugas dapur umum dan petugas kantin.

H Toha SKM Msi, Kepala Seksi SIPK, menjelaskan Hepatitis A merupakan penyakit yang sangat menular yang disebabkan virus Hepatitis A.

“Penyakit ini potensial bisa menjadi kejadian luar biasa (KLB) karena cara penyebarannya melalui makanan, minuman dan air yang terkominasi dengan penderita Hepatitis A,” katanya.

Penyakit ini, terangnya, dapat dicegah dengang memberikan vaksin anti Hepatitis A, pasien beristirahat cukup, dan mencegah hidrasi untuk membantu cara penyembuhan.

Sementara waktu, para santri yang menderita diperbolehkan pulang untuk mendapatan pengobatan yang lebih intensif, setelah diberi obat.

Lebih lanjut disampaikan untuk hasil swab langsung dikirim ke BBTKL untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

Selanjutnya para santri akan diberi penyuluhan tentang pola hidup bersih dan sehat (PHBS), cuci tangan pakai sabun menggunakan air mengalir sebelum dan sesudah BAB, serta menghindari kebiasaan makan-minum dengan satu tempat.