Dinkes Bersama 24 Desa-Kelurahan Deklarasi Wilayah SBS 2019

DINAS Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar Deklarasi Desa dan Kelurahan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) Tahun 2019 di wilayah Kecamatan Balaraja.

Kegiatan dilangsungkan di  Aula Kantor Kecamatan Balaraja, Kamis (13/12/2019). Hadir Asda I Bidang Pemerintahan, Ketua MUI Kabupaten Tangerang, Ketua MUI Kecamatan Balaraja, Wakapolsek Balaraja, Camat Balaraja, para camat, para kepala puskesmas, serta para lurah dan kades yang sudah melaksanakan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS).

H Yayat Rohman Sip, Camat Balaraja, mengucapkan terima-kasih kepada jajaran dinas kesehatan, terutama kepada para petugas puskesmas dan kader kesehatan yang telah memberikan layanan kesehatan dan pengetahuan kesehatan lingkungan kepada masyarakat Balaraja.

“Ini penting berkat para petugas ini, masyarakat menjadi memahami dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta kini dapat dirasakan manfaatnya,” katanya.

Sebab itu, tambah camat, para kades dan lurah bersama masyarakatnya melaksanakan deklarasi wilayahnya telah SBS, ucapnya.

Sementara dr Hj Desirianti Dinardewanti MARS, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, menjelaskan deklarasi ini sebagai salah-satu upaya untuk mewujudkan Kabupaten Tangerang Sehat dan Bebas Stunting.

“Karena bila masyarakatnya sudah SBS, maka lingkungan akan lebih bersih, rapi dan nyaman,” cetusnya.

Diinformasikan dari 274 desa dan kelurahan se-Kabupaten Tangerang yang sudah dinyatakan SBS sebanyak 19 desa dan 5 kelurahan. Di antaranya desa dan kelurahan yang mendeklarasikan SBS ini.

Selanjutnya, untuk desa dan kelurahan yang baru 75%-90% melaksanakan SBS, belum bisa diikutsertakan dalam deklarasi.  ”Namun kami akan tetap berupaya untuk terus melakukan pembinaan agar semuanya bisa melaksanakan SBS,” katanya.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah mengkampanyekan dan memotivasi semua pihak terkait untuk terus berupaya mewujudkan wilayah SBS.

Drs H Heri Heryanto MSi, Asda I Bidang Pemerintahan Kabupaten Tangerang, mengucapkan terima-kasih kepada jajaran dinas kesehatan dan elemen masyarakat yang telah melaksanakan SBS di wilayahnya, baik yang sudah mendeklarasikan maupun yang masih melakukan pencapaian akhir.

“Semoga seluruh wilayah nantinya bisa mendeklarasikan wilayahnya sebagai wilayah SBS,” pungkasnya.