ODGJ Hamil Kini Dirujuk ke Panti Sosial Kabupaten Tangerang

HANYA 4 hari, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sedang hamil dirujuk ke RSJ Grogol di Jakarta Barat, kini sudah dinyatakan membaik dan dititipkan ke Panti Sosial Kabupaten Tangerang di Kecamatan Jayanti.

H Mochamad Bachtiar SKM MSi, Kepala Seksi PTM dan Keswa pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Rabu (4/12/2019), mengutarakan ini langkah awal penanganan ODGJ itu karena ODGJ tersebut tidak punya tempat tinggal.

“Selanjutnya akan dikirim ke Yayasan Palamarta di Sukabumi, milik Kementerian Sosial RI,” katanya. Di sana nanti ODGJ yang terlantar akan diberi pembinaan untuk berkarya sehingga bisa mandiri.

Diinformasikan, sebelumnya pada Jumat (29/11/2019), perempuan ODGJ sedang hamil terlantar di Alun-alun Tigaraksa. Petugas Satpol Kabupaten Tangerang yang menemukannya segera membawanya ke Kantor Dinas Sosial Kabupaten Tangerang.

Selajutnya atas koordinasi pejabat Dinas Sosial Kabupaten Tangerang dan pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang yang berwenang menanganinya, dirujuk ke RSJ Grogol untuk perawatan dan pengobatannya.

Pada Senin (2/12/2019) pihak RSJ merekomendasi ODGJ ini mulai membaik dan untuk selanjutnya tinggal dibina saja kesehatan jiwanya.

Terkait itu, pejabat dari Dinas Sosial Kabupaten Tangerang dan pejabat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menjemputnya dan membawanya ke Panti Sosial Kabupaten Tangerang.