Digelar Evaluasi Penggunaan Obat Rasional & Standar Kefarmasian

MENUTUP akhir tahun 2019, Seksi Farmasi dan Pengawasan Pangan pada Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, melaksanakan Evaluasi Penggunaan Obat Rasional dan Standar Pelayanan Kefarmasian Puskesmas.

Kegiatan berlangsung Rabu (27/11/2019) di Aula Lantai III Gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menghadirkan peserta para kepala puskesmas se-Kabupaten Tangerang, jajaran P2P, P2PTM dan Keswa, P2I, Gizi, serta Kepala UPTD Instalasi Farmasi.

Tampil narasumber Wydia Savitri S.St Apt MKM, Kepala Loka POM Kabupaten Tangerang, yang memberi materi tentang Hasil Pengawasan Loka POM Terhadap Pengawasan Standar Kefarmasian di Puskesmas.

Narasumber lainnya dr H Achmad Muchlis MARS, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, menyampaikan materi tentang Peran Apoteker di Puskesmas.

Dalam kegiatan itupun, diumumkan Peringkat Terbaik Kategori Pelayanan Kefarmasian Terbaik serta Laporan POR dan Pelayanan Kefarmasian Tepat Waktu dari 44 Puskesmas di Kabupaten Tangerang.

Di antaranya Puskesmas Dengan Standar Kefarmasian terbaik adalah Puskesmas Balaraja, Puskesmas Sukawali, Puskesmas Sindang Jaya. Sedangkan Laporan POR dan Pelayanan Kefarmasian tepat waktu diraih Puskesmas Tigaraksa, Puskesmas Gembong dan Puskesmas Pagedangan. 

Desi Tirtawati S.Farm Apt, Kepala Seksi Farmasi dan Pengawasan Pangan, mengharapkan kegiatan ini dapat memotivasi jajaran puskesmas untuk dapat mengoptimalkan pelayanan kefarmasian di puskesmas sesuai standar Pkm No 74 Tahun 2016.