Lagi, ODGJ Telantar Ditangani Dinsos-Dinkes Kabupaten Tangerang

LAGI, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang ditemukan telantar di wilayah Kabupaten Tangerang mendapat penanganan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kabupaten Tangerang.

Kali ini,  ODGJ ditangani adalah ODGJ yang ditemukan telantar di Alun-alun Ibukota Tigaraksa. Petugas Satpol PP Kabupaten Tangerang yang mendapatkan ODGJ ini langsung membawanya ke kantor dinas sosial.

Lalu, ODGJ inipun mendapat penanganan lebih lanjut, di antaranya diberi makan dan dibersihkan. Setelah itu, tim dinas sosial melakukan koordinasi ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melalui Seksi PTM dan Keswa pada hari itu juga, yaitu Jumat (29/11/2019).

Dindin Aminudin SH, Kepala Seksi Rehab Sosial Penyandang Disebilitas pada Dinas Sosial Kabupaten Tangerang, menjelaskan ODGJ ini belum bisa dimintai keterangan identitasnya karena memang tak bisa memberi keterangan diri dengan benar.

“Sebab itu pula, kami berkoordinasi dengan seksi kesehatan jiwa pada dinas kesehatan untuk menentukan langkah perujukan,” ucapnya.

Secara khusus digambarkan, setelah nanti dirawat dan tersembuhkan, bila tidak ada keluarganya maka akan dititipkan ke Rumah Panti Sosial Kabupaten Tangerang di Kecamatan Jayanti.

“Selanjutnya nanti bisa kita rujuk ke Panti Palamarta Sukabumi milik Kementerian Sosial RI,” tambahnya. Ini tempat khusus pembinaan keterampilan para gelandangan dan orang terlantar, ucapnya.

H Mochamad Bactiar SKM MSi, Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, menjelaskan untuk ODGJ terlantar serupa ini memang sebaiknya dirujuk ke RSJ Grogol agar mendapat penanganan yang lebih intensif.

“Kami siap membantu mengantar dan memberikan rujukannya,” pungkasnya.