November Ini, Petugas Puskesmas Binong Disibukan Gelar BIAS

PARA Petugas Puskesmas Binong memasuki Bulan November 2019, kembali disibukkan melaksanakan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Dimulai awal bulan, yaitu 1-5 November, telah dilaksanakan BIAS di beberapa sekolah, di antaranya di SD Binong Permai, SDN Binong 1, SD Artidjo dan MI Nurul Falah.

Kegiatan yang dilaksanakan sendiri berupa pemberian Vaksin DT untuk murid kelas 1 dan pemberian Vaksin Td untuk murid kelas 2 sampai 5.

Kepala Puskesmas Binong, dr Qotrum Nada,  menjelaskan kegiatan pemberian vaksin ini sebagai tindak-lanjut dalam upaya memberikan kekebalan pada tubuh pada anak-anak sejak dini.

Pemberian Vaksin DT dilakukan hanya 5 kali saja, yaitu pada anak usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 15-18 bulan dan 4-6 tahun, katanya.

Sementara untuk pemberian Vaksin Td, biasanya disebut dengan vaksin lanjutan, diberikan dengan kadar antivirus Difteri relatif sedikit dibanding Vaksin DT. Namun begitu, memiliki kandungan yang sama dengan manfaatnya, yaitu dapat mencegah terjadinya virus yang disebabkan oleh inveksi.

Lebih lanjut disampaikan, para petugas Puskesmas Binong pun pada Bulan Oktober telah mengadakan beberapa kegiatan, di antaranya tes kebugaran murid 10-12 tahun SD Binong dan penyuluhan P4K (Program Perencanaan Persalinan dan Penanganan Komplikasi) para Kader Kelurahan Binong di Aula Puskesmas Binong.