Puskesmas Jl Kutai-UPH Gelar Suluh Deteksi Dini Kanker Serviks

PUSKESMAS Jalan Kutai memberi dukungan penuh pada Kegiatan CIMSA UPH yang menggelar Standing Reproductive Health and Rights (SCORA) dengan memberi Penyuluhan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara.

Kegiatan seminar dalam rangka Breast Cancer Awareness Month berlangsung di Aula Lantai II Puskesmas Jalan Kutai, Minggu (27/10/2019). Tema yang diusung diberi nama BERKARYA (Bersatu Melawan Kanker Serviks dan Payudara).

Para peserta adalah para ibu muda dan kader kesehatan yang melibatkan sedikitnya 20 orang. Tampil narasumber dr Klara Kurnia dari Yayasan Kanker Indonesia. Di akhir acara para peserta mengikuti Tes Iva.

Nanda Magfirah, Pemegang Program Promkes pada Puskesma Jalan Kutai, menjelaskan kegiatan ini memaparkan tata-cara melakukan Sadari (Pemeriksaan Payudara Sendiri).

“Saya senang melihat para peserta sangat antusias mengikuti seminar yang ditandai dengan banyak pertanyaan yang dilontarkan seputar penyakit kanker serviks,” katanya.

Diharapkan dengan mengikuti acara ini para peserta setelahnya akan bisa menyosialisasikan kembali pengetahuan yang didapatnya kepada saudara, tetangga terdekat, dan masyarakat.

“Agar semuanya bisa lebih mewaspadai bahaya kanker serviks dan payudara. Bahkan diharapkan pula masyarakat selanjutnya bisa lebih rajin melakukan screening kesehatannya ke puskesmas,” tambah Nanda Magfirah.

Di akhir acara peserta yang melaksanakan Tes Iva mendpat panduan fasilitator dr Mitha, dr Nathania, dan dr Falica.