Puskesmas Jalan Kutai Bina Kesehatan Murid SD & Pelajar SMP

MEMBINA kesehatan nasyarakat dan lingkungan, para petugas Puskesmas Jalan Kutai melakukan penjaringan kesehatan anak usia sekolah dari tingkat SD dan SMP di wilayah kerjanya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Harvest Cristian School yang melibatkan 54 murid SD dan 52 pelajar SMP sekolah itu pada Kamis (17/10/2019).

Dalam kegiatan ini, petugas kesling dibantu Kepala Puskesmas Jalan Kutai drg Trully Kartikawatie dan dr Shinta Fatma M memberikan pembinaan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan bersihan diri orang per orang.

Ini dilakukan mulai dengan pemeriksaan kadar status gizi, pemeriksaan gigi dan mulut, skrining melalui kuesioner mengenai kesehatan umum, intelegensia, serta pemahaman reproduksi melalui self-assessment.

Nanda Magfirah, Pemegang Program Kesehatan Lingkungan, menjelaskan penjaringan yang dilakukan pada anak dan remaja usia sekolah bertujuan memberikan pembinaan kesehatan diri anak dan remaja itu secara sendiri sejak dini.

“Diharapkan dengan kegiatan ini akan tertanam dalam diri mereka tentang pentingnya menjaga kesehatan, sehingga dapat memotivasi diri untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungannya sehari-hari,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan dari hasil pemeriksaan ini, papar Nanda Magfirah, semua murid SD dan pelajar SMP sekolah itu dinyatakan sehat dan bersih.

Sementara drg Trully Kartikawatie, Kepala Puskesmas Jalan Kutai, berharap setelah kegiatan ini pihak sekolah bisa melakukan deteksi dini tentang kesehatan peserta didik mereka serta selanjutnya akan memiliki data dan informasi kesehatan anak didik mereka sebagai bahan kajian menilai perkembangan kesehatan anak didik.

“Data yang dihasilkan dari kegiatan ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan penyusunan program pembinaan kesehatan peserta didik dan sekolah,” pungkasnya.