20 Bekas Penyandang ODGJ Diberi Pelatihan Cukur Rambut

SEBANYAK 20 bekas penyandang ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) di Desa Cibugel, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, dilatih untuk memiliki keterampulan mencukur rambut.

Pelatihan ini diberikan Puskesmas Cisoka di Balaidesa Cibugel pada Rabu (16/10/2019), sekaitan pelaksanaan pembinaan kesehatan pada bekas penyandang ODGJ dengan pemeriksaan kesehatan mereka pasca mendapat pengobatan di RS Jiwa.

Hadir kepala desa, pengurus RT-RW, kader kesehatan desa, dan bidan desa, saat pelaksanaan pemberian keterampilan ini.

Pemegang Program Kesehatan Jiwa pada Puskesmas Cisoka, dr Sugiani, menjelaskan menyambut kesembuhan para pasien jiwa memang harus ditindaklanjuti dengan memberi kepedulian dan perhatian khusus kepada mereka yang dilakukan pihak keluarga dan lingkungan terdekat.

Program pembinaan keterampilannya sendiri, di antaranya keterampilan cukur rambut, membuat keset, serta membuat pernak-pernik cindera mata, yang menjadi salah-satu bentuk kepedulian yang sangat bernilai positif.

Pembinaan serupa ini akan sangat membantu para bekas penyandang ODGJ untuk kembali hidup normal bermasyarakat, selain tentunya akan membantu mereka dalam pencarian nafkah secara mandiri.

“Kami dari pihak medis hanya bisa mengarahkan dan memberikan obat yang harus diminum secara teratur dalam program pembinaan lebih lenjutnya yang dibantu pihak keluarga,” kata dr Sugiani.

Sementara dr Endah Dwi Putrianti, Kepala Puskesmas Cisoka, mengucapkan terima-kasih kepada seluruh elemen terkait dan masyarakat yang telah turut peduli melancarkan program pemberian keterampilan ini.

Dia berharap dengan program puskesmas ini akan mampu memberikan kepercayaan kepada bekas penyandang ODGJ untuk bisa hidup bermasyarakat kembali.

Diinformasikan, Puskesmas Cisoka dalam program penanganan ODGJ memang telah mampu menjaring sedikitnya 250 ODGJ dari 10 desa yang menjadi wilayah binaannya.

Para pasien ini lalu diberikan perawatan di RS Jiwa dan 60 di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Para bekas penyandang ODGJ ini selanjutnya diberi pembinaan untuk terampil membuat kerajinan tangan dan keahlian mencukur rambut.