Turunkan Tuberkulosis Dinkes Beri Pelatihan Petugas Berbasis DPM

MENINGKATKAN pengetahuan dan keterampilan para petugas layanan kesehatan berbasis DistrictBased PublicPrivate Mix (DPM) dan Staf Klinik dalam jaringan Publik Private Mix (PPM), Seksi P2PM pada Bidang P2P di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mengadakan Pelatihan Level Primer Bagi DPM dan Klinik.

Pelatihan dilaksanakan secara bertahap. Yaitu: Angkatan I berlangsung 23-25 September 2019, Angkatan ke II 1-3 Nopember 2019, dan Angkatan III 23-25 Oktober 2019. Semua kegiatan angkatan ini berlangsung di Aula Hotel Yasmin, Curug, Kabupaten Tangerang.

Peserta Angkatan I sebanyak 47 orang, terdiri dari DPM, Klinik, Puskesmas, KOPI TB Provinsi, Dinas Kesehatan, Tim DPPM-KOPI TB Kabupaten, TO dan FA. Angkatan II sebanyak 47 orang, terdiri dari DPM, Klinik, Puskesmas, CSO (LKNU/Aisyiah), Dinas Kesehatan, Tim DPPM-KOPI TB Kabupaten, TO dan FA.

Sedangkan Angkatan III sebanyak 45 orang, terdiri dari DPM, Klinik, Manajemen Tim TB DOTS dan Laboratorium, Dinas Kesehatan, Tim DPPM-KOPI TB Kabupaten, TO dan FA.

Sri Indriastuti SKM M.Kes, Kepala Seksi P2PM, Selasa (15/10/2019), menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan karena Kabupaten Tangerang memiliki beban kasus Tuberkulosis tertinggi di Provinsi Banten.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini para peserta nantinya bisa turut membantu kelancaran program penurunan angka Tuberkulosis di Kabupaten Tangerang, ucapnya.