Terus Digencarkan Pemberian Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri

MENURUNKAN jangkitan Anemia pada remaja putri, Seksi Gizi pada Bidang Kesehatan Keluarga di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, terus menggencarkan pemberian tablet tambah darah (TTD) di setiap pekannya.

Pelaksanaan pemberian TTD kepada remaja putri dengan bekerja-sama jajaran SMA dan sederajatnya ini sudah menjadi program jajaran seksi ini sejak tahun 2016.

Pemberian TTD sendiri di setiap sekolah mendapat panduan dari para guru pembimbing yang sudah mendapat pembinaan Dinkes Kabupaten Tangerang.

Kusnadi SKM MKM, Kepala Seksi Gizi, Rabu (9/10/2019), menjelaskan program ini dilaksanakan di setiap tahunnya karena sudah menjadi salah-satu program Pemerintah kabupaten Tangerang untuk menurunkan angka Anemia pada remaja.

“Bahkan secara jangka panjangnya nantinya bisa pula menurunkan angka kematian ibu saat melahirkan dan bayi baru lahir,” ucapnya.

Lebih lanjut, disampaikan memang Anemia pada remaja putri bila tidak dicegah sejak dini bisa mengganggu proses kehamilan mereka pada saat sudah menikah. “oleh karena itu perlu dilakukan pencegahannya sejak dini.”

Sebab itu, diharapkan kepada para remaja putri, baik pelajar maupun pekerja, agar memahaminya dan turut mendukung pelaksanaannya.

“Agar ke depannya di wilayah Kabupaten Tangerang bisa terminimalisir angka kematian bayi baru lahir dan kematian ibu saat melahirkan,”pungkas Kusnadi SKM MKM.