Bupati Diundang Pusat Paparkan Program Kebersihan Lingkungan

SEJUMLAH program kebersihan lingkungan, program kebersihan sekolah, dan program kebersihan kantor yang diterapkan Pemkab Tangerang mendapat aspresiasi tinggi dari Pemerintah Pusat.

“Sebab itu, Bupati Tangerang mendapat undangan menjadi narasumber untuk memaparkan penjelasan tentang pelaksanaan program-program tersebut,” ungkap Sekda HM Rudy Maesal saat menerima Tim Pembina Kabupaten Tangerang Sehat di Ruang Wareng, Lantai 3 Gedung Pemkab Tangerang di Tigaraksa, Kamis (3/10/2019).

Dijelaskan Drs H Rudy Maesal Rasyid, Pemkab Tangerang sampai saat ini masih tetap bersungguh-sungguh melaksanakan program Sanitasi Sekolah (Sanisek), Sanitasi Pesantren (Sanitren), Gerakan Bersama Rakyat Atasi Kawasan Padat, Kumuh, Miskin dan Pemberdayaan Lingkungan Sosial Ekonomi (Gebrakpakumis Plus), Program Kurangi Sampah Sekolah Kita (Kurasaki) dan Kurasakan.

“Dengan adanya program ini, menurut pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten Tangerang menjadi yang pertama melaksanakan kegiatan terobosan baru ini,” papar sekda.

Terkait itu, ditambahkan sekda, Bupati Tangerang pun mendapat undangan dari pemerintah pusat untuk menjadi narasumber pemaparan tata-laksana menjalankan program-program tersebut.

Sementara H imam Sutopo, Ketua Harian Kabupaten Tangerang Sehat, menjelaskan metode pelaksanaan program kebersihan lingkungan, kebersihan kantor, dan kebersihan sekolah, yang dilakukan  secara inovatif di Kabupaten Tangerang pun oleh pemerintah pusat akan dikembangkan dan direferensikan ke tempat lain.

Namun memang disayangkan, meskipun memiliki sejumlah program terbaik tetapi Kabupaten Tangerang tidak lolos Dokumen Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat, katanya.

Terdapat 35 kabupaten/kota yang tidak lolos verifikasi dan tim pusat pun segera melakukan pembinaannya ke lapangan.

Untuk Kabupaten Tangerang, ada tiga tatanan yang akan diberi pembinaan, yaitu program sekolah sehat di SMPN 2 Curug, Perkantoran Sehat di Kecamatan Panongan, dan Lingkungan Sehat di Kecamatan Pasar Kemis.

Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat sendiri melakukan kunjungan lapangan untuk pembinaan teknis bagi penyelenggaraan kabupaten/kota sehat selama dua hari, 4-5 Oktober 2019.