290 Pengurus-Anggota SBH Ikuti Pelatihan Gabungan Organisasi

MENINGKATKAN pengetahuan tentang peranan penting organisasinya di masyarakat, Pengurus dan Anggota Saka Bakti Husada (SBH) Cabang Kabupaten Tangerang diberi pembinaan dan pelatihan.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, 27-28 September 2019, di Bumi Perkemahan Kitribakti Curug, dibuka HM Rudy Maesal Rasyid selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang.

Hadir H Ahdayat Nuryasin selaku Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, Hj Dwi Harti Nugraheni, Ketua Umum SBH Kabupaten Tangerang dan Suryadi, Ketua Harian SBH Kabupaten Tangerang.

Tercatat 290 peserta mengikuti acara ini. Mereka datang dari setiap ranting di 29 kecamatan pada 44 puskesmas. Mereka mendapat pembinaan materi Peranan SBH di Masyarakat, materi PHBS, materi Kesakaan, Tupoksi Anggota SBH, materi IT, Motivasi dan Pengetahuan Umum.

HM Rudy Maesal Rasyid berharap para peserta bukan hanya bisa memahami tentang PHBS saja, tetapi juga harus bisa menerapkan pola itu pada diri sendiri dan keluarganya, sehingga bisa menjadi contoh baik.

“Bahkan pola hidup bersih dan sehat pun harus ditularkan pula ke sekolah maupun lingkungan,” ajaknya.

Selain itu, harap HM Rudy Maesal Rasyid, para Pengurus dan Anggota SBH harus pula memahami Visi-Misi Pembangunan Kabupaten Tangerang.

Lalu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang memberikan penghargaan kepada SBH-SBH ranting tergiat di tahun 2018-2019. Tergiat pertama adalah SBH Ranting Pasar Kemis; Tergiat kedua SBH Ranting Sepatan, dan tergiat ketiga SBH Ranting Panongan.

Sementara Hj Dwi Harti Nugraheni, Ketua Umum SBH Kabupaten Tangerang, berharap dengan pelatihan gabungan ini para Pengurus dan Anggota SBH bisa termotivasi untuk mengajak dan memprogram kesehatan masyarakat di sekolah maupun lingkungannya.

“Sehingga nantinya akan semakin banyak agen perubahan kesehatan masyarakat, khususnya pada pengembangan pola hidup bersih dan sehat di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat,” ucapnya.