Pengusaha PIRT Diajak Ikuti Penyuluhan Keamanan Pangan Bersertifikat

PARA pengusaha dan penanggung-jawab produksi pangan industri rumah tangga di wilayah Kabupaten Tangerang diajak untuk mengikuti penyuluhan keamanan pangan.

Terkait kegiatan penyuluhan ini, Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan pada Bidang Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang yang menjadi penyelenggaranya, telah membuka pendaftaran peserta sejak 24 September 2019.

“Kegiatan penyuluhannya akan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2019,” kata Desi Tirtawati S.Farm Apt, Kepala Seksi Farmasi dan Keamanan Pangan, Selasa (1/10/2019).

Pengusaha dan penanggung-jawab produksi pangan industri rumah tangga yang mengikuti kegiatan ini, seusai penyuluhan akan mendapatkan Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan (SPKP) untuk menjalankan usahanya di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Sertifikat yang nanti didapat menjadi salah-satu persyaratan untuk mengurus perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) di DPMPTSP Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

Pendaftaran sendiri, papar Desi Tirtawati S.Farm Apt, bisa via online di website Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dengan langkah, sebagai berikut:

1. Buka website dinkes.tangerangkab.go.id,

2. Klik perizinan dinkes,

3. Klik pendaftaran kursus PIRT,

4. Isi formulir yang merinci nama, NIK (nomor induk kependudukan) sesuai KTP, nama perusahaan, jenis pangan, nomor telpon/HP, keterangan. 

5. Klik SUBMIT.

Setelah mendaftar menjadi calon peserta penyuluhan keamanan pangan, peserta tinggal menunggu pengumumannya via telpon atau whatsapp.

Desi Tirtawati S.Farm Apt menjelaskan target peserta pada kegiatan ini berjumlah 50 orang, dengan prioritas masyarakat yang berdomisili di wilayah Kabupaten Tangerang, 

Lebih lanjut disampaikan peserta yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap bisa datang ke lantai 3 ke Ruang Pelayanan Seksi Farmasi dan Keamanan Pangan di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, yang beralamat di Komplek Perkantoran Tigaraksa, telp (021)-5990485/(021)-5990535, email: Farmakmin_yankes@yahoo.com.