Posbindu Cahaya Juara I, Posbindu Seroja Juara II, Posbindu Cantik 1 Juara III

POSBINDU Cahaya binaan Puskesmas Kuta Bumi menjadi Juara I Lomba Pembinaan dan Penilaian Posbindu Lansia Kabupaten Tangerang Tahun 2019.

Sementara Juara II diraih Posbindu Seroja binaan Puskesmas Gembong dan Juara III diraih Posbindu Cantik 1 binaan Puskesmas Sukamulya.

Masing-masing juara mendapatkan uang pembinaan, tropi, dan bingkisan, yang prosesi pengumuman dan penyerahan hadiahnya dilangsungkan di Aula Pendopo Kabupaten Tangerang, Kamis (26/9/2019).

Kegiatan dilaksanakan Seksi Kesehatan Keluarga pada Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang ini tergelar dengan bekerjasama Pokjatap Lansia dan TP PKK  Kabupaten Tangerang.

Dalam kegiatan penilaian Lomba Pembinaan dan Penilaian Posbindu Lansia Tingkat Kabupaten Tangerang, para juri mendatangi posbindu-posbindu duta dari 7 wilayah kecamatan ternominasi, sejak 16-24 September 2019.

Ke-7 wilayah itu adalah posbindu di wilayah Kecamatan Cikupa  binaan Puskesmas Pasirjaya, posbindu di wilayah Kecamatan Pasar Kemis binaan Puskesmas Kuta Bumi, posbindu di wilayah Kecamatan Cisauk binaan Puskesmas Suradita, posbindu di wilayah Kecamatan Legok binaan Puskesmas Caringin, posbindu di wilayah Kecamatan Sukadiri binaan Puskesmas Sukadiri, posbindu di wilayah Kecamatan Sukamulya binaan Puskesmas Sukamulya, dan posbindu di wilayah Kecamatan Balaraja binaan Puskesmas Gembong.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr Ni Wayan Manik K MKK, menjelaskan sesuai perundang-undangan setiap warga negara usia 60 tahun ke atas akan mendapatkan pelayanan kesehatan usia lanjut sesuai stándar.

“Tentunya ini menjadi tanggung-jawab bersama dengan sektor lain supaya seluruh lansia di wilayah Kabupaten Tangerang bisa mendapatkan pelayanan kesehatan,” katanya.

Untuk itu, ungkap dr Ni Wayan Manik K MKK, kegiatan lomba ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan peran semua pihak dan sektor terkait dalam mengoptimalkan peran posbindu sebagai upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi lansia. 

Sementara dr Hj Sri Indriyani, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga, menambahkan penilaian lomba posbindu sendiri didasarkan pada Format Panduan Provinsi Banten, yang masing-masing penilai memiliki kriteria penilaiannya sendiri-sendiri.

Pokjatap Lansia menilai berdasarkan tugas kepengurusan posbindu, tugas kader posbindu, serta kelengkapan sarana-prasarana posbindu.

Sementara TP PKK Kabupaten Tangerang memberi penilaian pada sisi kelompok usaha bersama (KUB), terdiri hasil produksi, standar produksi, jenis produksi, jangkauan pemasaran produksi, mendapatkan bahan-baku produksi, sumberdaya dan lainnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menilai pada data keberadaan lanjut usia ang dibina, data lansia terlantar, pemberdayaan lansia, pemberdayaan posbindu, sumberdaya pelaksanaan posbindu, SK posbindu, jumlah anggota lansia, jumlah lansia aktif dan lainnya.

“Lalu semua hasil penilaian yang diberikan para juri diakomulatifkan untuk menentukan juaranya,” ungkap dr Hj Sri Indriyani.

Selanjutnya para juara akan mendapat pembinaan tim untuk dipersiapkan menjadi perwakilan Posbindu Kabupaten Tangerang mengikuti lomba serupa di tingkat Provinsi Banten di tahun 2020.