KIH Teratai Desa Taban Dinilai Tim Lomba Kabupaten Tangerang

KELAS Ibu Hamil (KIH) Teratai Desa Taban, Kecamatan Jambe, mendapat kunjungan Tim Penilai Lomba Kelas Ibu Hamil Tingkat Kabupaten Tangerang.

KIH ini dikunjungi pada Senin (23/9/2019) untuk dinilai dengan kriteria penilaian meliputi manajemen perencanaan KIH, data KIH, pengetahuan dan keterampilan para kader, partisipasi masyarakat, koresponden dengan ibu hamil, dan pengembangan inovasi.

KIH Teratai Desa Taban memang sudah cukup lama dibentuk dengan moto Geprek (Gerakan Penjemputan Ibu Hamil Resiko Tinggi).

Saat penilaian, tercatat 20-an peserta mengikuti kegiatan penilaian, di antaranya melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan, pelaksanaan senam ibu hamil, pelatihan keterampilan, mengikuti pembinaan tata-cara melahirkan yang baik dan benar, tata-cara memandikan bayi, sampai tata-cara memberikan ASI pada bayi setelah melahirkan.

Kepala Puskesmas Jambe, dr Astrid, mengutarakan dengan adanya penilaian KIH ini diharapkan masyarakat bisa lebih termotivasi bersama ibu-ibu peserta menyosialisasikan kepada para ibu hamil untuk masuk ke dalam kelas ibu hamil yang ada.

“Dengan adanya kelas ibu hamil, secara otomatis kesehatan peserta dan kandungannya bisa lebih terkontrol, sehingga saat melahirkan lebih mudah dan bila ada tindakan lanjutannya pun karena beresiko pun bisa langsung dirujuk” papar dr Astrid.